Penyetan Ayam Mie Mapan Pakai Ayam Pejantan, Apa Bedanya dengan Ayam Negeri dan Ayam Kampung?

ayam pejantan

Dikenal sebagai Mie Ayam Terenak di Surabaya, Mie Mapan menyajikan aneka menu mie dan penyetan yang diakui kelezatannya. Selain ada menu penyetan bakwan, empal, udang, dll, menu ayam penyet menjadi menu istimewa yang paling difavoritkan pengunjung.

Hal ini karena menu penyet Mie Mapan, hanya menggunakan jenis ayam pejantan. Ayam pejantan dari segi rasa mirip seperti ayam kampung. Tekstur dagingnya empuk, tidak liat, dan tidak tebal.

Pantas saja, jika banyak pedagang kuliner seperti ayam goreng, soto, hingga penyetan menggunakan jenis ayam jantan. Agar lebih memahami keunggulan ayam jantan, dengan ayam negeri atau ayam kampung, kamu wajib simak pemaparannya di bawah ini, ya.

 

1. Ayam Jantan

Karena berukuran kecil, tidak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai ayam kampung. Padahal, ayam negeri jantan atau ayam broiler jantan ini memang memiliki ukuran asli yang tidak terlalu besar.

Para pedagang daging biasanya akan memotong ayam jantan ketika usia muda atau sekitar umur 60-70 hari. Jika terlalu tua, bisa berpengaruh terhadap kualitas daging ayam. Dilihat dari dagingnya, ayam jantan memiliki kulit daging yang putih bersih dan tidak mengandung lemak. Sehingga, jauh lebih sehat dan bernutrisi.

Ketika diolah menjadi hidangan, ayam jantan akan menghasilkan tekstur daging yang empuk, tidak keras, dan lebih rendah kolesterol. Selain itu, penampilannya juga tak berbeda dari ayam kampung ketika digoreng atau dibakar. Yang jelas, ayam jantan merupakan salah satu jenis daging yang paling direkomendasikan dari segi tekstur, cita rasa dan food presentation.

2. Ayam Kampung

Nah, kalau ayam kampung semua pasti sudah paham, ya. Biasanya, ayam ini memang suka berkeliaran di kampung-kampung, karena itu disebut sebagai ayam kampung. Dalam budidaya, ayam kampung sengaja dibiarkan bebas mencari makan sendiri dan tidak ditempatkan dalam kendang. Karena mungkin lebih banyak bergerak dan beraktivitas, tekstur daging ayam kampung biasanya lebih liat.

Akan tetapi, ada juga beberapa pedagang kuliner yang mampu mengolah ayam kampung dengan baik, sehingga tekstur daging tetap empuk dan enak. Ukurannya lebih besar dan memiliki cita rasa yang cenderung gurih dan manis. Untuk mengolahnya, biasanya harus diungkep terlebih dahulu agar serat-serat dagingnya lebih empuk dan mudah dikonsumsi.

3. Ayam Negeri

Ayam negeri mempunyai ciri khas daging berlemak dan lunak ketika diolah. Maka itu, cita rasa ayam negeri juga lebih gurih karena terdapat lapisan lemak pada permukaan kulitnya.

Umumnya, ayam negeri juga lebih gemuk dengan warna daging merah muda atau putih pucak dan tebal. Tidak hanya mengandung lemak, daging ayam negeri juga mengandung kadar air. Direkomendasikan ketika membeli, pilih jenis daging yang sudah ditiriskan. Anda juga bisa membeli daging ayam negeri yang sudah dipotong-potong atau per bagian seperti dada ayam tanpa tulang, sayap, paha, kepala, dan sebagainya.

Bagaimana, sudah tau perbedaan masing-masing antara daging ayam jantan, negeri dan kampung? Mie Mapan: Mie Ayam Terenak juga menghadirkan aneka menu penyetan termasuk penyetan ayam dengan daging ayam pejantan.

Daging ayam pejantan berkualitas ditambah racikan bumbu spesial, menjadikan menu penyetan ayam Mie Mapan selalu diminati dan diburu pembeli. Seporsi menu penyetan ayam Mie Mapan sudah lengkap sambal, lalapan segar, dan disajikan di atas cobek.

Jangan hanya ngiler membayangkan saja, ayo datang atau order sekarang melalui Mapan Delivery atau Grab Food dan Go Food. Selamat menikmati menu penyetan ayam Mie Mapan, ya.