Sedapnya Ayam Penyet Mie Mapan, Cek Dulu Kandungan Gizi Ayam yang Jarang Diketahui

kandungan gizi ayam

Bukan hanya Upin dan Ipin saja yang gemar menyantap ayam goreng. Faktanya, lebih dari 2,14 juta ton daging ayam dikonsumsi masyarakat tanah air setiap hari menurut BPS (Badan Pusat Statistik). Daging ayam sangat mudah diperoleh di pasar tradisional maupun pasar modern sebagai lauk favorit sehari-hari.

Dari segi harga juga terjangkau masyarakat luas dan mudah diolah. Bisa digoreng atau diolah menjadi aneka masakan lainnya. Tak hanya itu saja, cita rasa daging ayam juga dikenal gurih, enak, serta mengandung gizi yang tinggi. Nah, buat kalian yang gemar memesan menu ayam penyet mie mapan, yuk simak kandungan gizi ayam yang mungkin belum kamu ketahui berikut.

Kandungan Gizi Daging Ayam

Berdasarkan penuturan ahli gizi, Chris Mohr dari Amerika Serikat, daging ayam mengandung nutrisi protein tinggi sebesar 18 gram per 100 gram daging ayam.

Tak cukup protein, daging ayam juga mengandung nutrisi seperti mineral dan vitamin. Antara lain: natrium, kalium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Sedangkan, vitamin yang terkandung di dalam daging ayam adalah vitamin A, vitamin D, vitamin K, vitamin C, vitamin B1, vitamin B12, serta vitamin B3.

Umumnya, daging ayam yang banyak dipilih adalah bagian dada atau paha. Memang per 100 gram daging ayam mengandung 300 kalori. Tetapi, jika diimbangi olahraga, maka kalori ini dapat meningkatkan energi dan stamina. Sehingga, tubuh tidak gampang lemas atau lesu ketika beraktivitas.

Manfaat Mengonsumsi Daging Ayam

1. Menambah tingkat metabolisme tubuh

Keistimewaan daging ayam yang mengandung vitamin B6 dapat membantu tingkat metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Semakin baik tingkat metabolisme tubuh, maka semakin mudah dalam membakar kalori untuk dijadikan tenaga.

Maka itu, dengan mengonsumsi daging ayam secara teratur, dapat mempertahankan berat badan ideal, mengekang nafsu makan berlebihan, serta menjaga sumber energi.

2. Meredakan stres

Ada yang sedang suntuk atau stres karena pekerjaan maupun masalah lainnya? Ternyata, bukan cuma cokelat yang bisa meredakan stres, daging ayam juga bisa jadi pilihan yang pas. Ini karena kandungan tryptophan dan vitamin B5 untuk menenangkan saraf dan otot.

Sekaligus, memberikan efek tenang yang memperbaiki suasana hati lebih gembira. Tryptophan juga mampu menambah tingkat produksi serotonin otak untuk mengangkat mood yang semula muram kembali ceria.

3. Menjaga kesehatan kulit

Siapa yang tak ingin memiliki kulit senantiasa cerah dan sehat? Untungnya, daging ayam mengandung vitamin C yang baik untuk mendukung kesehatan kulit. Vitamin C dikenal bersifat antioksidan yang dapat menangkal efek penuaan dini kulit akibat paparan radikal bebas.

4. Mencegah radang sendi

Mengonsumsi daging ayam secara teratur juga mampu meminimalisir risiko peradangan sendi. Adanya zat penting bernama Selenium dalam daging ayam dapat membantu pencegahan risiko radang sendi. Baik untuk orang yang sudah berusia lanjut maupun kalangan usia lainnya.

5. Memperkuat tulang

Keberhasilan tumbuh – kembang anak, dapat dilihat dari fisik anak yang bertambah tinggi dan besar seiring usianya. Salah satu yang berperan adalah zat fosfor dan kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan sel-sel tubuh buah hati. Tambahkan daging ayam dalam menu sehari-hari keluarga, terutama untuk dikonsumsi si kecil.

6. Menjaga kesehatan jantung

Jantung akan sangat diuntungkan dengan mengonsumsi daging ayam secara teratur. Dalam daging ayam mengandung vitamin B6 untuk membantu menambah kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi dan pembuluh darah.

Wow, ternyata cukup banyak bukan, manfaat mengonsumsi daging ayam bagi kesehatan tubuh. Ayo, jangan ragu, nikmati kelezatan daging ayam di Mie Mapan, Mie dan Penyetan Terenak di Surabaya dengan berbagai pilihan menu-menu spesial. Seperti Ayam penyet, Song Mie Ayam Jamur Special, Mie Kari Ayam (level pedas 1-4). Mie Katsu asam Manis, Pangsit Mie Ayam, Kulit Ayam Kriuk, dan lain sebagainya. Order sekarang juga klik Mapan Delivery atau via aplikasi Go Food dan Grab Food.