Lebih Higienis! Perhatikan Tips Mencuci Peralatan Makan yang Benar

tips mencuci peralatan makan

Kebersihan memang menjadi poin penting yang harus kita lakukan apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir ini. Tentunya kita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan untuk mencegah penularan virus corona. Kebersihan barang yang kita sering sentuh menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Salah satu contohnya adalah kebersihan peralatan makan.

Mencuci peralatan makan tentunya mudah dilakukan oleh semua orang. Namun mengingat kita perlu kebersihan yang ekstra maka kita juga perlu tips mencuci peralatan makan secara lebih bersih sempurna. Kita pasti pernah mendapati keadaan peralatan makan yang sudah dicuci bersih namun sisa minyak masih menempel. Terkadang pula bau amis ataupun sisa deterjen yang masih menempel dapat membuat selera makan menurun.

Oleh karenanya, kita perlu ekstra memperhatikan kebersihan peralatan makan. Supaya peralatan makan lebih bersih dan higienis, yuk simak tips mencuci peralatan makan dari Mie Mapan: Mie Ayam Terenak di Surabaya, dalam hal mencuci peralatan makan berikut.

1.    Buanglah sisa makanan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci peralatan makan adalah membuang sisa makanan terlebih dahulu. Misalnya, sisa makanan yang menempel pada peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, mangku ataupun gelas. Hal ini bertujuan agar sisa makanan tidak menempel pada spons pencuci dan tidak membuat lubang wastafel tersumbat.

2.    Guyur dan rendam peralatan makan

Setelah membuang sisa makanan yang menempel, guyur permukaan peralatan makan dengan air hingga tidak ada lagi sisa makanan yang terlihat. Jika ada yang masih menempel dan susah dihilangkan, maka rendam dengan air terlebih dahulu peralatan makan tersebut sekitar 30-60 menit. Biasanya, bergantung dari keras dan tebalnya noda yang ada. Untuk mempercepat proses perendaman, bisa juga gunakan air panas.

3.    Cuci peralatan makan dengan bersih

Ini merupakan poin penting untuk mendapatkan peralatan makan yang bersih. Gunakan spons pencuci yang sudah diberi larutan sabun pencuci piring dan gosoklah ke seluruh permukaan peralatan makan. Kalian bisa memulainya dengan sendok dan gelas terlebih dahulu karena memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding peralatan makan lainnya. Alasan penting mengapa perlu mencuci gelas terlebih dahulu yakni, karena gelas biasanya lebih bersih dan sedikit bakteri dibanding piring. Hal ini dilakukan agar bakteri yang berada pada benda yang banyak bakteri misalnya piring tidak beralih ke benda sedikit bakteri seperti gelas. Jadi sewajarnya gelas dicuci terlebih dahulu.

Tak hanya itu, untuk mencegah bau amis yang masih tercium pada peralatan makan, maka kalian bisa gunakan irisan jeruk nipis supaya lemak dan bau tidak sedap yang ada peralatan makan hilang dengan sempurna. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang sering bersentuhan langsung dengan badan kita, misalnya pada ujung sendok atau bibir gelas. Untuk itu, kalian perlu membersihkannya secara lebih cermat dan teliti.

4.    Bilas hingga bersih

Gosok permukaan peralatan makan dengan air yang mengalir hingga bersih dan kesat. Jika sudah tidak ada sabun pencuci piring yang menempel, maka kalian sudah membilasnya dengan bersih. Gunakan air yang mengalir supaya dapat membersihkan noda-noda secara maksimal.

5.    Biarkan hingga kering

Setelah membilasnya hingga bersih, maka letakkan peralatan makan di rak supaya air bisa menetes dan tunggu hingga kering. Kalian juga bisa mengeringkan peralatan makan dengan handuk atau kain. Gunakan lap yang sekali pakai atau setelah digunakan langsung cuci juga lap tersebut.

Bagaimana? Penting sekali bukan menjaga kebersihan peralatan makan. Lewat hal-hal kecil seperti ini tentunya kita bisa lebih menjaga kebersihan sekitar dan mencegah penularan virus corona.